Hukum  

Habis Cashback Terbitlah Perkara

Reporter : Insandata

Oplus_0

Insandata.com – Sekitar bulan Maret 2023, publik di Kabupaten Bojonegoro dihebohkan dengan menyebarnya video perangkat desa beserta kepala desa di salah satu desa di Kabupaten Bojonegoro berjoget-joget di depan sebuah mobil yang bertuliskan Mobil Siaga Desa. Acara tersebut juga ditandai dengan kegiatan menabur bunga dan uang ratusan ribu. Gelak tawa sembari jogetan oleh aparatur pemerintah desa tentunya banyak menimbulkan pertanyaan dibenak masyarakat Bojonegoro saat itu.

Tetapi publik hanya menduga-duga, mungkin sekarang waktunya pemerintah desa se-Kabupaten Bojonegoro lagi bertabur anggaran.

Baru pada akhir tahun 2023, dugaan-dugaan tersebut mulai menemui titik terang saat Kejaksaan Negeri Bojonegoro mengumumkan proses penyelidikan atas dugaan korupsi pengadaan mobil siaga desa.

Bak petir di siang bolong bagi para kepala desa, saat Kejaksaan Negeri Bojonegoro menaikkan status dari penyelidikan kasus mobil siaga desa menjadi penyelidikan di akhir Januari 2024.

Mulai saat itu hingga sekarang, sudah ratusan kepala desa dipanggil. Sebagian diantaranya bahkan sudah mengembalikan cashback pengadaan mobil siaga desa.

Hampir sebagian besar kepala desa yang sudah dipanggil dan telah mengembalikan uang cashback menyesal karena merasa terjebak.

“Hanya urusan uang 15 juta jadi berurusan dengan aparat hukum. Selain itu harus menanggung malu kepada masyarakat Mas,” keluh salah seorang kepala desa usai mengembalikan uang cashback di Kejaksaan Negeri Bojonegoro.

Insandata.com dalam liputan investigasinya mencoba menelusuri kasus ini mulai dari awal hingga perkembangan terkini. Ada 6 (enam) liputan yang patut pembaca simak, diantaranya :

  • Lelang “Bodhong”Mobil Siaga Desa
  • 30 Miliar Diperkirakan Kerugian Negara dalam Pengadaan Mobil Siaga Desa ?
  • Siapa Diuntungkan Adanya Pengadaan Mobil Siaga ?
  • Apakah Kepala Desa Akan Dikorbankan dalam Kasus Pengadaan Mobil Siaga ?
  • Adakah Kong Kalikong dalam Pengadaan Mobil Siaga ?
  • Siapa Pantas Jadi Tersangka dalam Kasus Pengadaan Mobil Siaga ?

 

Selamat Membaca. Salam dari Tim Investigasi InsanData.Com

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *