Dr. H Fahrudin Faiz : Dua Penyebab Kekotoran Jiwa

Reporter : Tim ID

Insandata.com. Sesungguhnya ada dua jenis kekotoran dalam diri kita. Kekotoran yang ada di jasmani dan kekotoran yang melekat di jiwa.

Kekotoran di jasmani relative lebih mudah diatasi dengan cara mudah, dengan berpuasa, hidup sederhana dan sejenisnya. Tetapi kekotoran jiwa akan sangat sulit untuk di bersihkan. Penyebab kotornya jiwa ini ada dua :

Pertama, Fanatisme buta yang melekat dalam jiwa. Fanatisme ini sejenis dengan menduakan Allah SWT. Keterikatan kepada selain Allah itu fanatisme, dan itu mengotori jiwa/rohani kita.

Kedua, Kebencian. Kebencian adalah lawan dari fanatisme. Yang mana dengan kebencian seolah hal-hal yang tidak kita sukai / kehendaki berasal dari sesuatu atau seseorang yang dibenci. Sehingga kebencian termasuk yang menghapus di jiwa kita,  akan adanya kehendak Allah SWT .

Dua penyebab kekotoran jiwa ini, kebencian dan fanatisme menyebabkan seseorang tidak bisa melihat kebenaran secara obyektif.  Dua kekotoran jiwa ini hanya bisa di bersihkan dengan cinta/kasih sayang.  Maka berlatihlah melihat dan memahami/memaknai sesuatu dengan cinta dan kasing sayang. Dengan  cinta kita bisa menerima kebenaran secara obyektif . Sehingga dengan kebenaran ini kitab isa lepas dari kekotoran-kekotoran jiwa (tim)

Disclaimer : disarikan dari Fahrudi faiz official

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *