Gus Baha : Jangan Berlebihan Dalam Melakukan Sesuatu

Reporter : Tim ID

Gus Baha dalam sebuah kajian ilmunya

Insandata.com. Gus baha mengingatkan pada kita, agar tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu. Karena sesuatu itu ada batas dan takaran masing-masing yang dianggap normal dan wajar. Bahkan berlebihan dalam beragama dan beribadah pun dilarang.

Gus Baha meriwayatkan dulu pada saat jaman Rasulullah ada sahabat yang sering ke masjid, sering tahajud sampai matanya rusak, sering puasa sampai kelurganya terlantar. Hal demikian sering ditegur oleh Rasulullah yang diterangkan dalam hadist-hadist yang mutawatir.

Tidak bisa terlalu berlebihan beribadah tetapi meninggalkan kewajiban sebagai kepala keluarga. Karena keluarga punya hak, mata juga punya hak yang harus di istirahatkan.

Gus Baha menegaskan hal-hal yang berlebihan dalam beribadah dulu sudah sering di tegur dan dimarahi oleh Rasulullah karena bisa membuat orang lain atau anggota badan kita yang tidak nyaman dengan prilaku beragama kita.

Jika dalam beragama dan beribadah saja islam melarang kita berlebihan, apalagi dalam urusan dunia pasti akan lebih banyak mudhorotnya.   (tim)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *