Berita  

Menulis Salah Satu Kunci Sukses Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)

Oleh : Rahmat Junaidi

Benarkah kemampuan menulis salah satu kunci sukses bagi ASN? Kemampuan menulis memainkan peran yang sangat penting bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemampuan menulis yang baik memungkinkan ASN menghasilkan karya dalam bentuk tulisan, seperti membuat opini positif/inovasi, artikel di media online, Karya Tulis Ilmiah (KTI), buku dan lain-lain.

Melalui proses kreatif menulis akan membuat karya kita banyak dibaca orang, tentu kita akan dikenal khalayak. Ada sebuah kutipan terkenal yang mengatakan “Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah,”. Kutipan ini mengajak kita untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan melalui tulisan.

ASN tidak hanya dituntut menjalankan tugas pokok dan fungsinya, tetapi juga memiliki keterampilan menulis. Di era teknologi informasi saat ini, menulis menjadi salah satu faktor penting. Memublikasikan kegiatan yang sedang kita lakukan dalam menjalankan tugas adalah bagian dari tanggung jawab seorang ASN. Melalui suatu tulisan anda bisa membangun persepsi dalam mendukung pembangunan Indonesia.

Ihwal teknik menulis, tentunya perlu kita latih dengan berbagai cara, diantaranya dengan mengikuti pelatihan menulis, rajin membaca buku, serta konsisten dalam menulis. Menurut Kamis Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menulis adalah proses menciptakan ide dan perasaan. menulis diartikan sebagai ungkapan lambang-lambang bahasa yang dipahami oleh penulis atau orang lain yang menggunakan bahasa yang sama dengan penulis.

Stephen King, salah satu ilmuwan terkenal Amerika Serikat pernah berpendapat, bahwa menulis merupakan kegiatan kreatif di mana seseorang tidak hanya mengarahkan pengetahuan, kekuatan dan kemampuannya, tetapi juga seluruh jiwa dan semangat hidupnya.

Berkah Menulis

Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman menulis dapat membawa berkah bagi ASN dan masyarakat. Dari pengalaman saya menulis secara aktif sejak tahun 2001, terutama secara aktif hingga saat ini menulis artikel opini di Radar Bojonegoro Jawa Pos, beberapa artikel ilmiah dan menghasilkan 2 ( dua) buku yang sudah masuk dalam penerbitan resmi masuk perpustakaan nasional. Secara pribadi saya merasakan manfaat antara lain :

  1. Berbagi pengetahuan dan pengalaman
    Dengan memiliki keterampilan menulis, Anda dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki. Tulisan Anda bisa menjadi referensi dan motivasi bagi rekan-rekan ASN lainnya.
  2. Dikenal khalayak
    Dengan memiliki keterampilan menulis artikel, KTI dan buku, Anda bisa dikenal publik dari tulisan-tulisan yang Anda buat. Bahkan bisa diundang menjadi narasumber.
  3. Reputasi dan Prestasi
    Dengan memiliki keterampilan menulis artikel, KTI dan buku dapat meningkatkan reputasi bagi ASN tersebut, terutama untuk naik jenjang, pangkat dan jabatan serta uji kompetensi. Prestasi dalam menulis juga dapat diakui oleh pimpinan dan rekan kerja.
  4. Pengembangan diri
    Menulis memaksa ASN untuk memahami topik secara lebih mendalam. Proses melibatkan riset dan analisis, yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi ASN.
  5. Mempengaruhi.
    Tulisan ASN dapat memengaruhi opini publik dengan menulis, ASN dapat menyampaikan informasi terkait isu-isu penting, terkini dan membangun kesadaran masyarakat.
  6. Dokumentasi
    Menulis dapat membantu ASN dalam mendokumentasikan setiap kegiatan, proses kerja dan pengalaman kerja.

Ayo Mulai Menulis

Dengan ASN memiliki kemampuan menulis, baik itu menulis opini, artikel, penulisan ilmiah maupun buku akan mendatangkan kesuksesan bagi ASN. Dari pengalaman saya menulis, akan menambah pengetahuan dan memperluas wawasan dan akan siap diajak berdiskusi untuk mencari suatu solusi atas permasalahan di birokrasi seperti pengalaman saya berkarir di ASN selama 30 tahun ini

Bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan rekan-rekan ASN, jangan pernah takut untuk mencoba belajar menulis. Dengan kita memiliki keterampilan menulis akan mendatangkan manfaat yang cukup besar seperti yang telah saya sampaikan di atas. Anda harus memiliki kemauan dan kemampuan menulis karena akan berpengaruh dengan karier Anda sebagai CASN atau ASN. Sebagai ASN keterampilan menulis merupakan salah satu kunci sukses bagi ASN.

Keterampilan menulis memerlukan latihan dan kesabaran. Menulis juga dapat menambah pengetahuan khususnya untuk diri sendiri, dan orang lain. Semoga dari pengalaman saya ini dapat memberikan motivasi dan manfaat. Ayo sahabat ASN mulai menulis (RJ).

  • Rahmat Junaidi, PNS di Pemkab Bojonegoro Jatim, sejak tahun 1993. Jabatan saat ini Pengawas Reformasi Birokrasi dan Tipikor Inspektorat Bojonegoro.
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *